Kamis, 13 November 2008

pangeran katak

kamis, 13,11,2008

pada suatu hari hiduplah seorang raja yang mempunyai 3 orang anak. semua anaknya itu adalah perempuan dan mereka semua sama cantiknya. namun yang paling cantik adalah si bungsu. anaknya yang paling kecil inilah yang tercantik diantara keduanya. ia sangat menyukai bola emas yang di berikan ayahnya kepada dirinya. pada suatu hari saat sang putri sedang bermain-main dengan bola emasnya di kolam yang letaknya halaman depan istana, bola itu terjatuh saat ia lempar. ia tidak berhasil menangkapnya dan bola kesayangannya tersebut terjatuh ke dalam kolam. melihat itu sang putri sedih dan hanya bisa melihat bolanya perlahan semangkin menuju dasar kolam. melihat itu ia pun menagis dan sedih. namun ketika itu terdengar suara "hei! putri sudahlah jangan menangis. aku akan mengambilkan bolamu." mendengar itu sang putri pun bahagia dan langsung mencari asal suara itu. namun ia sangat terkejut. karena ternyata suara itu berasal dari seekor katak yang buruk rupa! "hei, putri aku akan mengambilkan bolamu! asal kau berjanji kau harus membawaku kemanapun kau pergi!" kata sang katak. mendengar itu sang putri pun mengizinkannya. dan dengan lincah sang katak melompat kedalam air mengambil bola emas sang putri dan memberinya kepada sang putri. namun sang putri tidak memenuhi janjinya. ia malah membawa bolanya sambil lari masuk ke istana tanpa mengucapkan apapun pada si katak. melihat itu si katak pun sedih. sementara itu sang putri yang sedang makan siang bersama ayahnya yaitu raja, tiba-tiba saja mendengar suara si katak "putri! tuan putri! bukakan aku pintunya!" teriak si katak sambil menangis. "siapa itu nak? apa kau di kejar raksasa jahat?" tanya raja yang bingung melihat putrinya ketakutan. mendengar itu akhirnya sang putri manceritakan kejadian yang tdi terhadap ayahnya. mendengar itu raja pun bilang "nak, sekarang bukakanlah pintu itu untuknya. karena kau telah berjanji sekarang tepatilah janjimu!" kata raja terhadap anaknya. dan dengan kesalnya sang putri pun membukakan pintu untuk si katak. setelah itu si katak di persilakan duduk di samping sang putri dan di beri makanan yang lezat. lalu dengan lahap si katak memakannya. selesai makan sang putri segera lari menuju kekamarnya. ia masuk dan segera mengunci pintu dan jendela kamarnya rapat-rapat. dengan lega ia pun menghembuskan nafasnya. namun saat itu tiba-tiba saja terdengar suara si katak. " hei! putri! terima kasih untuk makan siangnya!" kata si katak secara tiba-tiba. hal itu membuat sang putri terkejut. "kau sudah keterlaluan katak! untuk apa menejarku terus!?" kata sang putri sambil melempar si katak dari tempat tidurnya. namun saat itu tiba-tiba saja sang katak berubah menjadi seorang pangeran yang tampan. "maafkan aku tuan putri. aku di sihir oleh penyihir jahat! dan aku diubahnya menjadi katak jelek! aku sengaja membuat anda kesal tuan putri karena kutuka saya akan hilang jika anda melempar saya. terima kasih tuan putri." kata sang pangeran. "ya, aku juga minta maaf karena aku telah berbuat kasar terhadap mu pangeran." kata sang putri juga. dan sejak saat itu mereka berdua menikah, dan hidup berbahagia selamanya.

tamat.

Tidak ada komentar: