Rabu, 29 Oktober 2008

100 ekor domba

kamis,30,10,2008

pada suatu hari hiduplah seorang gembala domba dengan 100 ekor dombanya. ia adalah gembala yang bekerja pada raja. namun usianya sudah terlalu tua dan ia harus digantikan. yang menggantikannya adalah warga desa. dan setelah ia cari akhirnya terpilih 3 orang-orang muda yang cukup kuat. ketiga orang itu diuji selama 3 hari. hari pertama raja menyuruh gembala dombanya mengganti seekor domba dengan kambing hitam. dan ia pun melakukannya. setelah di ganti para pemuda tadi disuruh melihat-lihat dombanya. dan setelah itu orang pertama bilang "domba-domba anda sangatindah raja jumlahnya ada 100!" kata orang yang pertama. "domba itu jumlah 100 raja! mereka juga memiliki warna bulu yang indah. kata orang yang kedua. "raja, saya pikir ada yang ganjil disini. jumlah domba itu hanay 99 saja. yang saya dengar tadi jumlahnya ada 100 ekor. dimana yang satu lagi raja?" mendengar itu raja tersenyum dan membiarkannya keluar. dan keesokan harinya raja kembali menguji mereka. sebelum itu raja menyuruh gembalanya menukar kambing itu dengan dombanya terluka. dan menyuruh mereka bertiga menyisir semua dombanya. dan setelah itu raja meminta pendapat mereka. "semua domba itu tetap berjumlah 100! dan semua dombanya sehat!" kata orang pertama. "ya, saya juga setuju setelah saya periksa semuanya sehat!" kata orang kedua. "raja, setelah saya periksa di antara 100 domba itu ada yang sedang terluka! bagaimana jika domba itu kita obati?" kata orang yang ketiga sambil menunjuk domba yang terluka itu. raaj hanya tersenyum dan bilang "ya, nanti saya suruh gembala saya mengobatinya." lalu ia pun keluar. dan keesokan harinya atau hari terakhir mereka diuji, mereka di suruh melihat-lihat domba itu lagi. namun sebelum itu raja menyuruh gambalanya mengganti domba itu menjadi domba yang sehat. dan katika itu mereka harus melihatnya dengan teliti. dan setelah itu saat mereka memberikan komentar orang pertama bilang "semua domba itu sehat raja! dan jumlahnya 100!" kata orang pertama. "raja setelah saya teliti jumlahnya masih 100. sekarang sungguh pantas saya yang menjadi gembala di sinikan raja?" kata orang kedua. "raja setelah saya lihat domba yang sakit kemarin sudah tidak ada! adi jumlahnya semuanya 100 akan tetapi kemana domba itu?" kata orang ketiga bingung. seklai lagi raja hanya tersenum saja dan menyuruh ketiga orang itu berkumpul. " setelah saya perhatikan orang yang pantas adalah kau! karena kau memeriksa domba-dombaku secara teliti dan sabar." kata raja sambil menunjuk orang yang ketiga. "maaf, raja! maaf kan kami! sebenarnya kami tidak memeriksa semua domba itu dengan teliti!" kata orang ke dua dan pertama. raja pun memaaf kan mereka dan sejak itu orang yang ketiga tadilah yang menadi gembala sang raja. dan ia juga mendapatkan uang yang besar berkat hasil kerjanya yang sempurna!

tamat

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Siapa penerbit nya