Sabtu, 18 Oktober 2008

kuda yang tak pernah puas

sabtu,18,10,2008

pada suatu hari hiduplah seorang kuda jantan yang tidak pernah puas akan dirinya sendiri.
setiap menemukan suatu hewan ia mencari ke bagusan hewan tersebut dan merasa iri karena ia tidak punya. pada suatu hari yang indah. ia melihat beberapa ekor kelinci yang sedang main. ia pun tertarik karena kelinci-kelinci itu bisa melompat tinggi dan cepat."andai aku seperti itu" pikirnya. ia pun mendekati si kelinci dan para kelinci itu pun langsung lari karena menganggap ia akan mengganggu mereka. dan setelah itu si kuda pun sedih. pada saat sedih ia mendengar suara seekor jangkrik. dan tertarik "suara yang bagus" pikirnya. ia pun mendekati si jangkrik dan betanya. " hai jangkrik! apakabar? suaramu bagus sekali. kau makan apa saja sehingga suara mu bisa sebagus itu?" tanyanya. "hai juga kuda! aku baik-baik saja. setiap hari aku makan embun yang ada di rerumputan atau daun-daun ini." jawab si jangkrik. "kalau aku juga makan embun seperti mu apakah akku juga akan mempunyai suara yang bagus seperti mu jangkrik?" tanya si kuda. " mungkin saja. cobalah kuda!" jawab si jangkrik mendukung. mendengar itu si kuda tambah semangat. setiap hari ia makan embun dari rumput dan dedaunan. sampai pada suatu hari ia merasa itu tidak berguna. "oh! astaga aku sangat lapar... mata ku berkunang-kunang.." kata si kuda dengan lemas dan hampir kehabisan suara. tak lama kemudian si kuda pun mati karena sudah berminggu-minggu ia tidak makan rumput. ia hanya memakan embun dari rumput dan dedaunan saja.

tamat.

Tidak ada komentar: