Kamis, 18 September 2008

danau toba

jumat,19,09,2008
pada zaman dahulu kala ada seorang laki-laki yang gemar memancing bersama teman-temannya. laki-laki bekerja ebagai seorang petani. lalu ia dan teman-temannya mendengar akan diadakan lomba memancing didesa mereka. dan pada saat memancing laki-laki ini mendapat kan seekor ikan mas yang sangat besar. dan mula-mula mereka bangga karena mereka sudah pasti akan menang akan tetapi karena kasihan laki-laki tadi melepaskannya. dan menjelaskannya kepada teman-temannya.
lalu pada saat ia pulang tercium bau makanan yang enak dan tiba-tiba saja ia mendengar suara wanita dari dalam rumahnya. "masuk saja, aku sudah menyiapkan makan untuk mu" dan ketika ia masuk ia melihat seorang wanita yang sangat cantik. dan wanitaitu berkata "aku adalah jelmaan dari ikan mas yang kau tolong tadi. sebagai balas budi aku bersedia menjadi istri mu." dan beberapa minggu kemudian mereka pun menikah dan memepunyai seorang anak laki-laki. akan tetapi suatu hari ia menyuruh anak nya membawakan bekal untuk ayahnya. "nak, tolong bawakan bekal ini untuk ayah mu di sawah sana." dan sianak ini pun berjalan perlahan lahan mengantarkan bekalnya. dan lama-kelamaan sianak ini penasaran makanan apa sih yang dibawakan ibu untuk ayah pikirnya. dan saat ia melihatnya di bekal itu tersedia air nasi, lauk-pauk yang enak, juga kue-kue kering. dan karena tak tahan dan lupa kalau ini untuk ayahnya sianak ini pun memakan bekalnya dan memeberikan tempat kosong saja pada ayahnya. dan karena ayahnya sangat marah ia pun mengatai anaknya dan datang menghampiri ibunya "lihat ini anakmu ini memakan habis bekal untukku. ini semua karena kau terlalu memanjakannya! pergi kau ikan mas bodoh ! " betak ayahnya dan si ibu hanya minta maaf saja dan pergi ke sebuah danau dengan diikuti si anak yang berlari tergesa-gesa mengejarnya
lalau ia pun bilang kepada anaknya "nak, maaf kan ibu. ibu ini memang seekor siluman ikan mas yang bodoh dan sesuai perjanjian kalau kamu sudah tahu ibu ini adalah ikan ibu akan pergi ke danau ini dan mati." dan sianak ini hanya menangis saja melihat ibunya terjun ke danau dan berubah menjadi seekor ikan mas lalau terjadi badai yang sangat besar dan sianak pun juga terjatu kedalam danau itu namun tertolang oleh ibunya dan tak lama setelah menolong anaknya ia mati. dan danau itu di namakan danau toba.

tamat.b

Tidak ada komentar: