Rabu, 10 September 2008

lingkungan seperti apa yang terbaik untuk belajar?

berikut ini adalah petunjuk bagaimana tempat yang baik untuk belajar.

lokasi.
tentukan sebuah tempat khusus misalnya dirumah atau kantor sebagai pusat belajar. memiliki satu lokasi khusus dimana kita bisa membantu membiasakan otak kita berada pada urusan memproses informasi kapan pun kita berada.

pemandangan lewat jendela.
lingkungan belajar yang baik yaitu sebuah tempat dengan sebuah jendela yang bisa dibuka dan ditutup, dan dari tempat itu atau jendela itu kita bisa melihat pemandangan alam yang jelas dan indah seperti pepohonan, bunga dan bisa menghirup udara segar.

pengatur suhu ruangan atau ac.
sangat baik kiranya jika terdapat banyak udara segar dengan ventilasi udara untuk menjaga udara tetap mengalir diruangan.
jika diruangan itu harus menggunakan ac, saya sarankan untuk memasang pembersih udara yang berukuran kecil dengan generator ion negatif untuk menjaga udara dan pikiran kita lebih segar. sebuah pembersih udara wajib jika ditempat itu menggunakan printer laser jet dan mesin fotokopi di ruang itu.

suhu ruangn.
suhu yang paling bagus untuk otak kita
adalah 19 celcius. ini meningkatkan kerja otak sampai maksimal. shu ini lebih dingin dari pada suhu ac biasanya. jadi jika terlalu dingin pakailah jaket.

pencahayaan ruangan.
pencahayaan yang terbaik adalah gabungan antara cahaya alami(cahaya matahari) dan cahaya buatan(cahaya lampu), dengan lampu meja di belakang atau disamping saat kita belajar.

permukaan dinding dan warna:
untuk menciptakan cahaya yang merata di ruangan tersebut, dinding ruangannya juga harus mempunyai warna
yang tidak mengkilat. lebih baik lagi kalau warnanya pastel. untuk dekorasinya kita bisa menggantung lukisan atau poster di dinding tersebut, dan pilhlah gampar yang menyenangkan juga hindari pemandangan yang menggambarkan kesibukan yang mengingt kan otak kita pada kegaduhan dan kerumuhan.

Tidak ada komentar: