Rabu, 24 September 2008

mahkota seorang putri

rabu,24,09,2008

pada suatu hari hidup lah seorang putri yang sangat cantik. putri itu memiliki sebuah mahkota cantik terbuat dari emas yang sangat disayangnya. namun pada suatu hari mahkota itu ditaruhnya di kotak perhiasannya dan hilang. dan anehnya yang hilang hanya mahkota itu saja dan perhiasan yang lainnya tidak. lalu ia pun melaporkannya pada raja. dan raja pun terkejut dan cemas. karena cemas raja menyuruh penasihatnya yang cerdik ikut mencarinya dan menemukan siapa pelakunya. dan ia pun menanyakan dua orang pengawal di depan pintu kamar putri sebagai saksi. dan mereka bilang ada tiga orang pelayan tuan putri yang masuk kedalam kamarnya karena untuk para pelayan khusus tuan putri di izin kan masuk ke kamar. dan si penasihat pun menetapkan 3 orang pelayan tersebut sebagai tersangka. dan memanggil mereka bertiga dihadapannya.
dan ia bertanya pada pelayan yang pertama ia sudah sangat tua. dan ia ditanyakan "apakah kau melihat kotak perhiasan putri sewaktu masuk ke kamar?" dan ia hanya menjawab "ya, saya melihatnya tuan akan tetapi saya hanya masuk untuk membetulkan selimut tuan putri yang bergeser. itu saja. dan saya juga tidak boleh menyentuh kotak itu tanpa izin dari tuan putri." dan si penasihat pun menyuruhnya keluar dan memanggil yang kedua. dan menanyakan pertanyaan yang sama. lalu yang kedua menjawab "iya, saya juga melihatnya tapi saya hanya menyiapkan gaun untuk tuan putri pakai hari ini. saya juga tidak boleh menyentuh kotak itu tanpa izin tuan putri." dan si penasihat pun mengizinkannya keluar karena setuju. dan ia juga memanggil yang ketiga. dan dengan pertanyaan yang sama juga. dan yang ketiga ini menjawab "ya, saya memang yang menyiapkan perhiasan tuan putri untuk dipakai hari ini. tapi saya tidak melihat mahkota itu saat membuka kotaknya." dan sang penasihat pun menyalah kan tuan putri tersebut dan bilang " dengan jujur saya tidak bisa memecahkan kasus ini. dan menurut saya tuan putrilah yang salah karena tidak bisa menjaga perhiasan sendiri dan tuan putri harus dihukum karena hal ini" dan melihat sang putri menangis sang tersangka yaitu pelayan yang pertama pun maju kedepan dan bersujud bilang "tuan, tolong ampuni tuan putri saya yang telah melakukannya. mahkota itu saya sembunyikan di bawah tempat tidur tuan putri." dan sang penasihat pun bertanya padanya. "untuk apa kamu lakukan semua ini?" dan si pelayan pun menjawab. " kemarin anakku bilang ada beberapa orang mabuk di kedainya dan bilang akan mencuri mahkota emas milik tuan putri kerajaan ini tuan." dan si penasihat pun menjelaskan kepada raja akan semuanya yang terjadi. raja memaafkan sang pelayan dan menangkap para pencuri itu. dan si putri ini bisa bebas dari hukuman tersebut dan bahagia.

tamat.

Tidak ada komentar: