Selasa, 16 September 2008

si itik buruk rupa.

pada suatu hari ada sebutir telur itik di pinggiran sungai. namun telur tersebut dibawa oleh seekor ayam yang mengira itu adalah telurnya dan membawanya ke kandangnya. lalu telur yang sudah mau menetas itu pun menetas ketika sampai didalam kandang.
akan tetapi yang keluar adalah seekor makhluk yang sangat jelek, yang ternyata adalah seekor itik. dan siayam yang melihatnya pun terkejut dan merasa malu. apa lagi ketika siitik yang jelek itu memanggilnya ibu. semula ia tidak tahu kalau si anaknya itu adalah itik. ia pun mulai mengajari si itik itu seakan ia adalah ayam. dan si itik itu pun tumbuh sebagai anak yang baik suka menolong walau pun ia selalu dihina oleh teman-temannya. namun pada suatu hari ada beberapa ekor itik sedang berenang
didalam danau dekat kandang mereka. itik itu sangat indah dan membuat ayam-ayam lain keluar dari kandangnya dan menyaksikan itik itu dan menjauhinya. karena sedih ia pun kembali kekandangnya dan menangis dan tidur lalu keesokkan harinya ibunya dan suadarnya terkejut karena tiba-tiba saja ia menjadi besar, namun tetap jelek. dan pada saat itu ibunya pun tetap belum menyadarinya kalau ia adalah seekor itik. lalu ia pun memulai harinya seperti biasa. lalu saat malam tiba ia pun tidur kembali.
akan tetapi keesokkan harinya ia bangun dengan dengan bingung karena semua keluarganya melihatnya seperti terkejut dan ibunya mengajaknya kesungai, di air sungai yang sangat jernih itu ia bisa melihat dirinya sendiri dan ketika ia melihatnya ternyata ia adalah seekor itik yang cantik. lalu terlihat ada beberapa ekor itik yang menghampirinya dan berkata "ikut lah dengan kami kamu adalah bagian dari kami para itik bukan ayam." lalu ia pun dengan sedih hati meninggalkan ibu dan saudara ayamnya dan pergi dengan itik-itik itu . akan tetapi ia berjanji ia akan datang mengunjugi si ayam itu setiap hari.

Tidak ada komentar: